Silabus



DESKRIPSI MATA KULIAH PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN PMIPA FKIP UNIVERSITAS PALANGKARAYA TAHUN 2007


MPK 421 : Pendidikan Agama Islam  ( 2 sks, 2 js)

Prasyarat  :
Tujuan
Membantu terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berpikir, filosofis bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas, ikut serta  dalam  kerjasama antar umat beragama dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan ilmu dan teknologi serta seni untuk kepentingan manuisia dan nasional.

Materi
Pengertian agama, pengenalan manusia terhadap Tuhan, fungsi agama, macam-macam agama (Samawi dan Budaya). Pengertian Agama Islam; ruang lingkup, karakteristik, sumber dan norma ajaran Islam (Al-Qur’an, Hadist, dan Ijtihad). Manusia dalam berbagai pandangan Islam dan Ilmu Pengetahuan Peribadatan dalam Islam; pengertian Ibadat, pembagian dan syarat diterimanya Ibadat. Pangkal Ibadat dan hikmat yang terkandung di dalamnya. Membangun keluarga Sakinah (perkawinan); pengertian,hikmat , asa, rukun, mahar, kawin campur dan kewarisan. Akhlak : Pengertian Akhlak, aliran-aliran moral, pembagian akhlak dalam Islam. Islam dan masalah kontemporer: KAM dan HAM dalam Islam. Pelestarian lingkungan, Perekonomian dan Pembaharuan dalam Islam.

Pustaka
Syihab, M.Quraish. 1999. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Penerbit Mizam.
Imarah. Muhammad. 1999. Islam dan Pluralitas: Perbedaan dan Kemajukan dalam Bingkai Persatuan (terjemahan Abdul Hayyie Al Kattanie). Jakarta: Gema Insan
Ibnu Hajjaj, Abdul Husain Muslim, 1954. Syahih Islam.
Ash-Shabuny, Muhammad Ali. Syafwatu at- Tafaasir. Lebanon : Dari el-rasyad.
Zuhdi,Masfuk, 1988. Masail Fiqhiyah. Jakarta ; Haji Masagung.


MPK 432 : Pendidikan Pancasila ( 2 sks, 2 js)

Prasyarat :
Tujuan
Seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab seorang warganegara dalam memecahkan berbagai masalah hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berlandaskan nilai-nilai dasar (basic value) Pancasila.

Materi
Pertumbuhan faham kebangsaan Indonesia; sistem ketatanegaraan Republik Indonesia; dinamika pelaksanaan UUD 1945, filsafat, etika, dan ideologi Pancasila dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.
Pustaka
Notonegoro, 1959.Pembukaan UUD 1945, Poko Kaidah Fundamental Negara Indonesia.
Notonegoro, 1974.Pancasila dan dasar Filsafat Negara.Jakarta: Panjuran Tujuh.
Notonegoro, 1980.Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pancasila. Jakarta:Panjuran Tujuh.
Alfian dan Murdiono (Eds). 1989.Pancasila sebagai Ideologi
Mat 433 :Pendidikan  Kewarganegaraan (2 sks, 2js)

Prasyarat:
Tujuan
Pembekalan peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warganegara dengan negara serta pendidikan pendahuluan bela negara (PPBN) agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia.

Materi
Pengertian dan pemahaman tentang bangsa dan negara dalam sistem negara kesatuan Republik Indonesia, tentang hak dan kewajiban warga negara dengan negara, demokrasi dan hak asasi manusia (HAM), wawasan nusantara dan ketahanan nasional serta politik nasional dan strategi nasional.

Pustaka
Lemhanas dan Dikti Depdiknas Republik Indonesia .Pendidikan Kewarganegaraan.
Gramedia Jakarta
Suparlan Al hakim dkk.Pendidikan Kewarganegaraan. 2002. Percetakan/Penerbit
Universitas Negeri Malang
Endang Zaelani Sukaya.Pendidikan Kewarganegaraan. 2002. Penerbit Paradigma
Yogyakarta.
Undang-Undang Dasar 1945 dan Amandemennya.
Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN yang berlaku)
Undang-undang Nomor 3 tahun 1946 tentang Kewarganegaraan dan Kependidikan Republik Indonesia


MPK 428 : Bahasa Inggris  Profesi (2 sks, 2 js)

Prasyarat :
Tujuan
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan membaca bacaan yang berkaitan dengan bidang studi mereka. Pemahaman bacaan didasari pula oleh pembekalan pengetahuan  dan penguasaan tata bahasa dan kosakata. Diharapkan pada akhir semester mahasiswa dapat memahami bacaan secara mandiri.

Materi
Perkuliahan ini sebagian besar bacaan singkat yang diikuti pertanyaan (bacaan singkat yang diikuti pertanyaan(comprenhension question), latihan tata bahasa (grammar), dan kosakata (vocabulary). Isi bacaan selain yang bersifat umum juga yang berkaitan dengan bidang studi.

Pustaka
English for Children College Students by Team of Instructions. English Dept. IKIP Malang
Berbagai buku ESP (English for special Purpose) sesuai dengan jurusan yang diajar.





MPK 427 : Bahasa Indonesia Keilmuan  (2 sks, 2js)

Prasyarat :
Tujuan
  1. Terampil mengenali karakteristik Bahasa Indonesia Keilmuan
  2. Terampil menggunakan Bahasa Indonesia  Keilmuan dalam karya i;miah
  3. Terampil menyusun karya ilmiah dengan memperhatikan Bahasa Indonesia Keilmuan

Materi
Karakteristik Bahasa Indonesia Keilmuan mencakup ciri La)memahami (penerapan EYD), (b) bentukan kata/istilah, (c)keefektifan kalimat
Penggunaan Bahasa Indonesia keilmuan (BIK) difokuskan pada La) penyusunan kalimat dalam paragraf mencakup (i) kohesi-koherensi dan (ii) keruntutan kalimat; (b) pengembangan gagasan dalam paragraph mencakup:(i) keutuhan/kepaduan gagasan, dan (ii)kelengkapan;(c) teknik pengembangan gagasan secara alamiah (kronologis dan spesial, dan secara logis (deduktif, induktif, analisis, klimaks-antiklimaks dan sebagainya).
Penyusunan karya ilmiah mulai tahap pra penulisan, penulisan dan penyuntingan.

Pustaka
Johanes,Herman,1980.membina Bahasa indonesia menjadi bahasa Indonesia yang
 ilmiah, indah, dan lincah, dalam Analisis Kebudayaan.Tahun 12, Nomor4
Keraf, Gory S. 1994. Komposisi Ende-Flores, Nusa Indah.
M.Crimmon, Janes, 1967. Writing with Purpose. Boston : Hougton Mifflin Company.
Moelion, M.Anton(Ed). 1988. TB Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rafi’uddin, Ahmad. 1992. Penulisan Makalah. Malang: IKIP Malang.
Tompikns, gail. 1996. Teaching Writing : Balancing Process and Product. Oxford Press.


MKK 401 : Pengantar Pendidikan ( 3 sks, 4 js)
Prasyarat

Tujuan :
Agar mahasiswa memiliki wawasan mengenai hakikat manusia, hakikat pendidikan, sejarah pendidikan nasional, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan, dan sistem pendidikan nasional

Materi :
Memberikan wawasan kependidikan yang meliputi pemahaman mengenai hakikat manusia, hakikat manusia, hakikat pendidikan, sejarah pendidikan nasional, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan, dan sistem pendidikan nasional.

Pustaka
Ahmadi, A 1987. Pendidikan dari Masa ke Masa. Bandung: C V Armica.
Bernadib, S.I 1989. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta : Andi Ofset. Cropley, H.J. Pendidikan Seumur Hidup: Suatu Analisis Psikologi ( Alih Bahasa: Sarjan Kadir). Surabaya: Usaha Nasional.
Dimyati, M.1988. Landasan Kependidikan: Suatu Pengantar Pemikiran Keilmuan tentang Kegiatan Pendidikan. Diperbanyak oleh P2LPTK. Depdikbud Jakarta.
Purwanto, N. 1988. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : CV Remaja Karya. Sastraprateja, S (Ed). 1982. Manusia Multi Dimensional. Jakarta : PT Gramedia.
Tim Dosen FIP IKIP Malang. 1987. pengantar Dasar-Dasar kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional.



MDK 402: Perkembangan Peserta Didik ( 3 sks , 4 js) Prasyarat
Tujuan :
Mahasiswa mempunyai kemampuan untuk memahami tahapan perkembangan peserta didik baik secara psikologis maupun psikomotor dalam penyelenggaraan pendidikan.

Materi :
Pengkajian dan pemahaman karakteristik, tugas-tugas perkembangan, dan permasalahan yang mungkin timbul dalam pemenuhan tugas perkembangan pada tahap-tahap perkembangan mulai dari masa kanak-kanak sampai remaja serta implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan.

Pustaka
Coleman, L.J. 1985. Schooling the Gifted. London: Addison Wesley Publishing Company.
Depdikbud. 1986-1987. Psikologi Perkembangan. Diperbanyak oleh P3G. Dikdasmen Bandung
Gunarsa, D.S dan Ny.Gunarsa, D.S 1986. Psikologi Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Haditono, S.R. 1988. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Hurlock, E.S. 1988. Perkembangan Anak (Alih Bahasa oleh Istiwidayati dan Soejarwo). Jakarta: Erlangga_
Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan ( Alih bahasa oleh Istiwidayati dan Soejarwo). Jakarta: Erlangga


MDK 403: Belajar dan Pembelajaran ( 3 sks, 4js)
Prasyarat :
Tujuan
Memberikan bekal pengetahuan tentang hakekat, prinsip, dan teori belajar dan pembelajaran, pengembangan kurikulum dan model belajar dan pembelajaran, pendekatan, media dan sumber belajar dan pembelajaran, serta pengolahan dan pengembangan alat evaluasi.

Materi
Hakikat belajar dan pembelajaran, teori dan prinsip belajar dan pembelajaran, pengembangan kurikulum dan program belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip pengembangan model belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip penerapan pendekatan­pendekatan belajar dan pembelajaran, media dan sumber belajar dan pembelajaran, evaluasi belajar dan pembelajaran, pengolahan dan dasar-dasar pengembangan alat evaluasi.

Pustaka
Ali, M. 1988. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Ansyar, M. 1989, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Diperbanyak oleh P2LPTK Depdikbud Jakarta
Ansyar, M. dan Nurtain, 1991. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Diperbanyak oleh P2LPTK Depdikbud Jakarta.
Arikunto, S. 1991. dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
Depdikbud, 1989. Pedoman Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah. Diperbanyak oleh Depdikbud Jakarta.
Hamalik, O. 1990. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Kaber, A. 1988. Pengembangan Kurikulum. Diperbanyak oleh P2LPTK Depdikbud Jakarta.
Nasution, S 1989.Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.


MAU 400 : Dasar – dasar Matematika  (3 sks, 4 js)

Prasyarat :
Tujuan :
Memahami dan menguasai komsep-konsep dasar matematika dan metode-metode pembuktian dalam matematika serta dapat menggunakannya.
Mempunyai pengetahuan tentang konsep-konsep dasar yang dibutuhkan untuk mempelajari matematika tingkat lanjut yang bersifat deduktif- aksiomatik.
Mampu mengggunakan konsep dasar matematika untuk pembuktian matematika tingkat lanjut.

Materi
Himpunan dan sifat-sifatnya; kalkulus proposisi yang meliputi konsep dasar, tautologi, ekuivalen, kondisional, bikondisional, teorema-teorema, dan validitas; penerapan logika dalam pembuktian yang meliputi kalkulus predikat, predikat berkuantor, penerapam pada himpunan, gabungan dan irisan takhingga, dan validitas; metode pembuktian matematika yang meliputi kesimpulan yang melibatkan kuantor universal (" tetapi tidak melibatkan kuantor eksistensial ($) maupun  implikasi (Þ), kesimpulan yang melibatkan kuantor universal (") dan implikasi (Þ) tetapi tidak melibatkan kuantor eksistensial ($), kesimpulan yang melibatkan kuantor universal (") dan kuantor eksistensial ($), pembuktian dengan induksi matematika, pembuktian dengan spesialisasi dan kasus-kasus, bukti tidak langsung, keberadaan dan ketunggalan.

Pustaka
Morash, Ronald P. 1991. Bridge to Abstract Mathematics; Mathematical Proof and Structure, New York: McGraw-Hill, Inc.
Soehakso, RJMT. Pengantar Matematika Modern. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.






MAU 401 : Kalkulus I   ( 3 sks, 4js)

Prasyarat : MAU 400

Tujuan
Memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai kalkulus differensial dan kalkulus integral fungsi satu peubah.

Materi
Sistem bilangan real, nilai mutlak, fungsi dan grafik, limit, kekontinuan, turunan, serta penggunaannya.

Pustaka
Purcell, Edwin J. Dan Dale Verberg. 1990. Kalkulus dan Geometri Analitik Jilid I (edisi kelima) (terjemahan). Jakarta : Erlangga
Leithold, L. 1986. The Calculus with Analytic Geometry (5th ed). London : Harp & Row


MAU 402  : Kalkulus II ( 3 sks, 4 js)

Prasyarat  : MAU 401
Tujuan
Memahami dan menguasai tentang kalkulus Integral fungsi satu peubah dan penerapannya.

Materi
Pendahuluan luas integral tentu, teorema dasar kalkulus, sifat-sifat integral, luas daerah dan volume benda putar, fungsi transenden, turunan fungsi balikan trigonometri dan fungsi hiperbolik , teknik pengintegralan dan integral tak wajar.

Pustaka
Purcell, Edwin J. Dan Dale Verberg. 1990. Kalkulus dan Geometri Analitik Jilid I (edisi kelima) (terjemahan). Jakarta : Erlangga
Leithold, L. 1986. The Calculus with Analytic Geometry (5th ed). London : Harp & Row


MAU 403 : Kalkulus Lanjut     (3 sks, 4js)

Prasyarat : MAU 402

Tujuan
Memahami dan menguasai tentang deret, fungsi beta dan fungsi gamma, integral deret Fourier.

Materi
Barisan tak hingga, deret tak hingga, deret positif, uji integral, deret ganti tanda, kekonvergenan mutlak, deret kuasa, operasi pada deret kuasa, deret Taylor dan deret MacLaurin, fungsi periodik, piece wise continues function, definisi deret fourier, kondisi dirichlet, fungsi ganjil dan fungsi genap, deret sinus dan deret cosinus setengah jangkauan , identitas parseval, kekonvergenan uniform, turunan dan integral deret fourier, fungsi beta dan fungsi gamma.


Pustaka
Purcell, Edwin J. Dan Dale Verberg. 1990. Kalkulus dan Geometri Analitik Jilid I (edisi kelima) (terjemahan). Jakarta : Erlangga
Speigel, M.R. 1986 . Analisis Fourier . Jakarta : Erlanggas


MAU 404 : Dasar-dasar  Komputer     (3 sks , 4 js)

Prasyarat :
Tujuan
Menguasai  pengoperasian komputer yang meliputi sistem operasi, aplikasi perangkat lunak pengolah katadan pengolah data, perangkat lunak untuk matematika serta penyusunan bahasa pemrograman-pemrograman komputer dan internet.

Materi
Pengertian sistem komputer, sejarah komputer, jenis dan fungsi perangkat penyusun sistem komputer (input, proses, dan output), Sistem bilangan, Sistem pengkodean, Sistem operasi komputer (tunggal dan jaringan). Perangkat lunak aplikasi pengolah kata dan pengolah data, Perangkat lunak aplikasi matematika, Flowchart, Pengenalan bahasa pemrograman, Internet (sejarah, struktur, aplikasi).

Pustaka
Jogiyanto, H.M, 1992. Pengenalan Komputer: dasar-dasar Komputer, Pemrograman. Yogyakarta.


MAU 405 : Pemrograman Komputer   (3 sks, 4 js)

Prasyarat : MAU 404
Tujuan
Memahami dan menguasai penyusunan algoritma pemecahan masalah dengan menggunakan flowchart dan penyusunan program komputer untuk pemecahan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Materi
Algoritma, Elemen-elemen dasar bahasa C atau Pascal, Tipe data dasar, Struktur program C atau Pascal, Konsep dasar algoritma (Sequence, Selection, Iteration), Penyimpanan data dalam file, Pemrograman grafik.

Pustaka
Deitel, H.M dan P.J Deitel. 1994, C : How to Program. 2nd edition. New Jersey: Prentice-hall
Kernighan, Brian. W dan D.M. Ritchie. 1988. The C Programming Languange. 2nd edition. New Jersey: Prentice-Hall.
Horowitz, Ellis dan S.Sahni. 1987. Fundamental of Computer Algorithms. Pitman.
Standish, Thomas A. 1994. Data Structur, Algorithms, and Software Principle. Addison Wesley.
Kadir,Abdul, 2002. Pemrograman Pascal. Yogyakarta: And Offset
Kadir,Abdul, 1999. Pemrograman Pascal, Buku 2. Yogyakarta : Andi Offset
Nance, Douglas W.1998. Fundamental of Pascal: Understanding Programming and Problem Solving. Ohio: South-Western Educational Publishing.



MAU 406 : Aljabar Linear Elementer   (3 sks,  4 js)

Prasyarat : MAU 400
Tujuan
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami sistem matematika yang terdiri dari satu himpunan kosong dengan operasi “penjumlahan”, dan operasi “perkalian dengan skalar real”
Materi
Materi Persamaan Linear, ruang vektor dan subruang, himpunan bebas linear dan tidak bebas linear, basis dan dimensi ruang vektor, transformasi linear, serta nilai eigen dan vektor eigen.

Pustaka
Anton H. 1987. Elementary Linear Algebra. Fifth Edition, New York: John Wiley & Sons Inc.
Serge Lang, 1970. LinearAlgebra. Second Edition, new York. Addison Wesley Publishing Company.
Kolman, Bernard, 1993. Introduction Linear Algebra with Applications, Fifth Edition.MacMillion.


MAU 407 : Metode Statistika    (3 sks, 4 js)

Prasyarat :
Tujuan
Mahasiswa mempunyai pengetahuan yang komprehensip tentang data termasuk informasi yang dikandungnya, dan dapat menggunakan metoda statistika dengan penuh pemahaman.

Materi
Pengertian statistik dan statistika; jenis peubah dan pengukurannya, penyajian data dalam : tabel, diagram, dan grafik ; ukuran pemusatan: rataan, modus; ukuran letak; median, kuartil , desil, persentil, ukuran penyebaran: rentang, rentang interkuartil, simpangan rataan, variansi, dan simpangan baku, ukuran kemiringan (skewness) dan keruncingan (kurtosisi); peluang dan beberapa sifatnya: distribusi peluang diskrit: binomial, multinomial, hipergeometrik, binomial negatif, geometrik, Poisson: distribusi peluang kontinu: normal, normal baku, khi-kuadrat; distribusi sampling: t-student, F-snedecor: pengujian hipotesis: Hipotesis statistik, dua jenis galat, daerah kritis, ujisatu dan dua arah, uji rataan dan variansi, koefisien korelasi dan ujinya.

Pustaka
Abadyo dan H.Permadi. 2000. Metoda Statistika Praktis. Bandung : IMSTEP JICA
Walpole, RE dan RH. Mayer 1982. Pengantar Statistika, Edisi Ketiga, Jakarta.


MAU 408 : Statistika Matematik I

Prasyarat : MAU 407
Tujuan
Mempunyai pengetahuan yang komprehensip tentang masalah peluang, peubah acak, dan statistik dalam formulasi matematika.


Materi
Pendahuluan, fungsi, fungsi peluang, peubah acak, fungsi densitas peluang, fungsi distribusi, model peluang tertentu, ekspektasi matematika, beberapa ekspektasi matematika khusus ketaksamaan Chebyshev’s, peluang bersyarat, marginal dan distribusi bersyarat, koefisien korelasi, kebebasan stokastik, distribusi binomial, distribusi Poisson, distribusi gamma dan khi kuadrat, distribusi normal, teori sampling, transformasi peubah acak deskrit, transformasi peubah acak kontinu, distribusi t dan F, distribusi statistika urutan dan teknik fungsi pembangkit momen.

Pustaka
Hogg, Robert V. Dan Allen T. Craig 1978. Introduction Mathematical Statistics. Fourth Edition. New York; MacMillian Publishing
Engelhadt, Bain. !992. Introduction Probability and Mathematical Statistics. Second Edition Belmont, California: Duxbury press.


MAU 409  : Teori Bilangan     ( 3 sks,  4 js)

Prasyarat  : MAU 400
Tujuan
Memberikan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan tentang konsep-konsep dasar bilangan dan lambang bilangan serta penerapannya.

Materi
Teori-teori keprimaan dan kongruensi, notasi dan prinsip keterbagian, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, ciri-ciri habis dibagi, keprimaan sistem residu, sifat-sifat konguensi, kongruensi linear, sistem kongruensi linear, kongruensi linear simultan, kongruensi kuadratis.

Pustaka
Agnew, J 1972. Exploration in Number Theory. Belmont: Brooks & Cole
Gatot Muhsetyo. 1995. Dasar-dasar Teori Bilangan (diktat) Malang: FMIPA IKIP MALANG.
Niven Zuckerman. 1989. An Introduction to The Theory Numbers. New York: Addison Wesley.
Ore. O 1948. Number Theory and Its History.  New York ; McGraw- Hill
Rossen, K.H. 1985. Elementary Number Theory and Its Aplication. Massachusetts: Addison Wesley.
Smith, K.J 1973. The Nature of Modern Mathematics. Monterry : Brooks & Cole.


MAU 410  : Analisis Real  I     ( 3 sks, 4 js)

Prasyarat : MAU 400
Tujuan
Memahami dan menguasai tentang sistem bilangan real, kekonvergenan barisan, limit fungsi dan kekontinuan
Materi
Sistem bilangan real, Nilai mutlak, sifat kelengkapan himpunan bilangan real, Infinit set, barisan, limit fungsi, kekontinuan.

Pustaka
Bartle. R.G 1982. Introduction to Real Analysis
Lewin, J & Lewin, L. 1981. Methods of Real Analysis
MAU 411   : Analisis Real  II       ( 3 sks, 4 js)

Prasyarat : MAU 410
Tujuan
Memahami dan menguasai tentang limit di ruang metrik, kekontinuan pada ruang metrik, ketersambungan, kelengkapan dan kekompakan.

Materi
Ruang metrik, limit di ruang metrik, kekontinuan fungsi di ruang metrik, himpunan buka dan himpunan tutup, himpunan tersambung, ruang metrik lengkap, ruang metrik kompak.

Pustaka
Goldberd. 1976. Methods of Real Analysis. New York: John Wiley & Sons
Lewin, J & Lewin, L 1981. Methods of Real Analysis.



MAU     : Aljabar
Prasyarat:
Tujuan
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang Persamaan dan Pertidaksamaan, Deret, Suku Banyak

Materi
Persamaan Kuadrat, Pertidakasamaan,Fungsi Kuadra,Eksponen dan Fungsinya, Persamaan Radikal, Dere Aritmetika,Deret Geometri,Suku Banyak,Persamaan Suku Banyak

Pustaka
Ayres,Frank,Jr.,PHD. 1958. First Year College Mathematice, Schaum Outline series,McGraw-Hill
Daniel,L, Auvil, Charles Poluga. 1984. Elementary Algrbra, Eddison-Wesley Phublishing Company.
Keedy, L. Bittinger,1986. Intermediate Algebra, Eddison-Wesley Phublishing Company.
Koesmartono dan Rawuh,1982. Matematika Pendahuluan.ITB. Bandung,ITB
Setiajit, Raden dan Mohammad Bar’i. 1983, Matematika Untuk Calon Mahasiswa. Bandung. Bina Budaya
Spiagel, Murray,R.1956. College Algebra, Schaum Outline series. McGraw-Hill.
Smith,Karl J. 1987, Algebra and Trigonometry with Analytic Geometry. Brooks/Cole Publishing Company Monterey, California.


MAU  412  : Struktur Aljabar I   ( 3 sks,  4 js )
Prasyarat : MAU 400
Tujuan
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang sistem matematika yang terdiri dari himpunan tak kosong dengan satu operasi yang diberikan.

Materi
Himpunan, pemetaan, grup, grup bagian, grup bagian normal, koset, grup siklik, homomorfisma grup, grup faktor, grup simetri.

Pustaka
Durbin,JR .1992. Modern Algebra : An Introduction. New York : John Wiley & Sons.
Herstein, I.N. 1975. Topics in Algebra. New York: John Wiley & Sons.
Birkhorff, G And Mc Lane, S. 1965. A Survey of Modern Algebra.  New York: The MacMallian Company
Fraleigh, J.B 1989. A First Course in Abstract Algebra. New York: Addison- Wesley Publishing.



MAU  413  : Struktur Aljabar II   ( 3 sks,  4 js )

Prasyarat : MAU 412
Tujuan
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang sistem matematika yang terdiri dari himpunan tak kosong dengan satu operasi yang diberikan.

Materi
Gelanggang, daerah integral, gelanggang pembagian,lapangan, gelanggang bagian, homomorfisma gelanggang, ideal, ideal prima, ideal maksimal, gelanggang faktor, daerah ideal utama, gelanggang suku banyak, daerah Euclid, daerah faktorisasi tunggal

Pustaka
Durbin,JR .1992. Modern Algebra : An Introduction. New York : John Wiley & Sons.
Herstein, I.N. 1975. Topics in Algebra. New York: John Wiley & Sons.
Birkhorff, G And Mc Lane, S. 1965. A Survey of Modern Algebra.  New York: The MacMallian Company


MAU 414  : Fungsi Kompleks      (3 sks,  4 js)

Prasyarat : MAU 410
Tujuan
Memahami dan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep fungsi kompleks

Materi
Sistem bilangan kompleks, geometri bilangan kompleks, limit dan kontinuitas, turunan, persamaan Cauchy- Riemann, fungsi analitik, himpunan buka, himpunan tutup, closure, fungsi harmonik.

Pustaka
Paliouras, J.D 1987. Complex Variable.  Surabaya: Erlangga
Conway, J.B 1973 . Function of One Complex Variable.  New York: Springer-Verlag, Inc
Saft, E.B dan A.D Snider, 1989. Fundamentals of Complex Analysis.  New Jersey: Prentice- Hall, Inc.
Osborn, A.D, 1999. Complex Variables and their applications.  England: Addison-Wesley.




MAU 415 : Program Linear              (3 sks, 4 js)

Prasyarat : MAU 406
Tujuan
Memahami dan menguasai konsep-konsep dari program linear dan mampu menerapkan.
Materi
Masalah Optimasi, Perumusan Masalah Nyata, Program Linear dengan Metode Grafik, Teori Simpleks, Program Linear dengan Metode Simpleks, Metode Simpleks dua Tahap, Dualitas, dan Masalah Angkutan (Transportasi) dan praktikum komputer dengan program QSB+.

Pustaka
Susanto, B. 1996. Program Linear. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Akademik.
Miswanto dan Winarno, W.W. 1995. Analisis Manajemen Kuantitatif dengan QSB+. Yogyakarta: Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Paul R. THIE. 1988. An Introduction to Linear Programming and Game Theory 2ed. Singapore: Jhon Wiley and Sons.
Tjutju T. Dimyati, Ahmad Dimyati. 1987. Operations Research (Model-model pengambilan keputusan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Wu, Nesa. 1981. Linear Programming and Extensions. New York: Mc Graw-Hill Book Company.





MAU 416 : Metode Diskrit  (3 sks, 4 js)

Prasyarat : -
Tujuan
Memahami dasar-dasar metode diskrit dan penerapannya baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam cabang matematika yang lain.

Materi
Induksi Matematika, Metode pencacahan, Fungsi Pembangkit, Relasi Rekuren, Pengantar: Graph, Graph Berarah, Graph Euler dan Graph Hamiton.

Pustaka
Townsend, Michael. 1987. Discrete Mathematics: Applied Combinatorics and Graph Theory. California: The Benjamin/Cummings.
Balakrishnan, V.K. 1991. Introductory Discrete Mathematics. Englewoods Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.
Dossey, J.A., Otto, A.D., Spence, L.E., and Eynden, C.V. 1997. Discrete Mathematics. USA: Harper Collins.
Wilson, RJ. Dab Watkins, JJ.1990. Graph an Introduction Approach. New York: Jhon Wiley and Sons.







MAU 417 : Geometri Euclid (3 sks, 4 js)

Prasyarat : MAU 400
Tujuan
Memahami teori-teori Euclid sebagai suatu sistem aksiomatik.

Materi
Sistem aksiomatik: pengertian sistem aksiomatik, aksioma-aksioma dalam geometri Euclid, Konkruensi segitiga, ketegaklurusan dalam bidang dan ruang, kesejajaran dalam bidang dan ruang, similaritas, lingkaran.

Pustaka
Mulyati, Sri. 2000. Geometri Euclid. Malang: Jurusan Matematika FMIPA.
Wallace, Edward C. and West, Stephen F. 1992. Roads to Geometry. New Jersey: Prentice Hall.
Lewis, Harry. 1968. Geometry A Contamporary Course. London: D. Van Nostrand Company, Inc.


MAU 418 : Geometri Analit Datar   (3 sks, 4 js)

Prasyarat : -
Tujuan
Memahami konsep-konsep geometri analitik.

Materi
Sistem Koordinat: Kartesius, polar, silinder, bola, Vektor: perkalian skalar dan perkalian vektor, Bidang datar, garis, tempat kedudukan titik-titik: lingkaran , bola ellips, ellipsoida, hiperbola, hiperboloida, parabola, dan paraboloida, irisan kerucut.


Pustaka
Purcell. 1992. Kalkulis dan Geometri Analisis Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.


MAU 418 : Geometri Analitik          (3 sks, 4 js)

Prasyarat : -
Tujuan
Memahami konsep-konsep geometri analitik.

Materi
Sistem Koordinat: Kartesius, polar, silinder, bola, Vektor: perkalian skalar dan perkalian vektor, Bidang datar, garis, tempat kedudukan titik-titik: lingkaran , bola ellips, ellipsoida, hiperbola, hiperboloida, parabola, dan paraboloida, irisan kerucut.


Pustaka
Purcell. 1992. Kalkulis dan Geometri Analisis Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

MAP 441 : Kajian dan pengembangan Matematika Sekolah I ( 3 sks, 4js)
Prasyarat : MAU 400
Tujuan
Memahami dan menguasai konsep dan ketrampilan matematika sekolah serta mampu menyampaikan (menerjemahkan) dalam pembelajaran matematika.

Materi
Himpunan, bilangan cacah, bilangan bulat, pecahan, aritmetika sosial, persamaan dan pertidaksamaan linear dengan satu peubah, kubus dan balok, sudut, pengubinan, simetri, persegi dan persegi panjang, segitiga, relasi dan pemetaan, kuadrat dan akar kuadrat, teorema Pythagoras, beberapa jenis segiempat, perbandingan, kaidah jarak-waktu­kecepatan, tempat kedudukan.

Pustaka
Kurikulum matematika SLTP yang berlaku Buku teks matematika SLTP

Catatan
Pembelajaran tidak hanya difokuskan pada cara memahami isi (materi) pelajaran, tetapi lebih ditekankan kepada metode pembelajaran, menganalisis kesalahan konsep, dan keterampilan dalam hat mengajarkan konsep materi.


MAP 442: Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah II (3 sks, 4js) Prasyarat : MAU 400
Tujuan
Memahami dan menguasai konsep dan ketrampilan matematika sekolah serta mampu menyampaikan (menerjemahkan) dalam pembelajaran matematika.

Materi
Garis lurus, persamaan dan pertidaksamaan linear dengan 2 peubah, lingkaran, peluang, statistika. Volume dan luas bangun ruang, transformasi, kesebangunan, fungsi kuadrat dan grafiknya, operasi pada bentuk aljabar, persamaan dan pertidak samaan kuadrat, lingkaran, pola dan barisan bilangan, trigonometri

Pustaka
Kurikulum Matematika SLTP yang berlaku Buku teks Matematika SLTP


MAP 443: Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah III (3 sks, 4js) Prasyarat : MAU 400
Tujuan
Mampu memahami dan menguasai konsep dan keterampilan matematika sekolah serta mampu menyampaikan (menerjemahkan) dalam pembelajaran matematika.
Materi
Aljabar (kelas 1, 2 dan 3). Matriks (kelas I). Geometri Transformasi (kelas III)

Pustaka
Kurikulum Matematika SMU yang berlaku
Buku teks matematika SMU
Kahfi, M.S.. 1999.Geometri Transformasi I. Malang : OPF IKIP Malang Kahfi, M.S.. 1999. Geometri Transformasi II. Malang : OPF IKIP Malang

MAP 444 : Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah IV (3 sks, 4js) Prasyarat :
Tujuan
Mampu memahami dan menguasai konsep dan keterampilan matematika sekolah serta mampu menyampaikan (menerjemahkan) dalam pembelajaran matematika.

Materi
Trigonometri (kelas 1,2 dan 3), Geometri Ruang (kelas 1 clan kelas 3), Irisan Kerucut (kelas 3)

Pustaka
Kurikulum Matematika SMU yang berlaku Buku teks Matematika SMU


MAP 445 : Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah V (3 sks, 4js) Prasyarat :
Tujuan
Mampu memahami dan menguasai konsep dan keterampilan matematika sekolah serta mampu menyampaikan (menerjemahkan) dalam pembelajaran matematika.

Materi
Kalkulus (kelas 1,2 dan 3), Graf (kelas 2), Probabilitas (kelas 2). Statistika (kelas 2). Program Linier kelas 2)
Pustaka
Kurikulum Matematika SMU yang berlaku Buku teks Matematika SMU


MAP 446: Matematika SD dan Pembelajaran I (3 sks, 4 js)
Prasyarat : MAU 400

Tujuan
Mampu memahami, menguasai dan menyampaikan materi matematika sekolah dasar dalam pembelajaran matematika.





Materi
Matematika Sekolah Dasar kelas rendah (kelas 1,2,3), meliputi bilangan cacah, operasi pada bilangan cacah, nilai tempat, pecahan, operasi pada pecahan, pengukuran, geometri.



MAP 447: Matematika SD dan Pembelajaran II (3 sks, 4 js)

Prasyarat : MAU 400

Tujuan
Mampu memahami, menguasai, dan menyampaikan materi matematika sekolah dasar dalam pembelajaran matematika.

Materi
Matematika Sekolah Dasar kelas tinggi (kelas 4,5,6), meliputi operasi pada bilangan cacah yang lebih besar, pecahan, operasi pada pecahan, desimal dan persen, rasio dan proporsi, pengukuran, geometri, peluang dan statistik.

Pustaka
Kurikulum Matematika SD yang berlaku
Buku teks Matematika SD kelas 4,5,6.
Musser, GL dan Buger, BY 1994. Mathematics for Elementary Teachers. New York:
MacMillian College Publishing Company Inc.
M.Kennedy, Leonard dan Steve Tipps 1994. Guilding Children's Learning of
Mathematics. Belmont, California: Wadswort Publishing Company.
Van de Walle John A. 1993.Elementary School Mathematics. Virginia CommonwealthUniversity.


MAP 448: Assesment Pembelajaran Matematika ( 3 sks, 4 js)

Prasyarat :
Tujuan
Mahasiswa mampu memahami asesmen pembelajaran matematika.
Materi
Evaluasi Proses dan Hasil Beiajar Matematika: Alat Evaluasi, Jenis alat evaluasi, Macam alat Evaluasi, Rancangan Tes Hasil Belajar, Tujuan Pembelajaran, Penyusunan Tes hasil belajar, Soal sebagai Alat Evaluasi Proses dan Hasil belajar, Analisis Soal, pemberian dan pengolahan Skor. Beberapa Assesment Altematif dalam Pembelajaran Matematika: Assesmen unjuk kerja (Performance Assesment), Observasi dan Wawancara, Jurnal, Portofolio.

Pustaka
Lambdin, D.V Kehle, P.E dan Preston R.V (Eds) 1996. Emphasis on Assesment Reston, Virginia: NCTM
NCTM. 1995. Assesment Standar for School Mathematics. Reston Virginia NCTM Stem-nark, J.K (Ed). 1991. Mathematics Assesment. Reston, Virginia : NCTM Suherman, Erman. 1993/1994. Evaluasi Proses dan Hasil belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

MAP 449: Penelitian Pendidikan Matematika        ( 3 sks, 4 js)
Prasyarat :
Tujuan
Mahasiswa memahami hakekat, dasar-dasar metodologi penelitian kependidikan matematika, menulis proposal, melaksanakan penelitian dan menulis laporan.

Materi
Hakekat penelitian pendidikan, dasar-dasar penelitian kependidikan: Masalah, etika variabel dan hipotesis, kajian kepustakaan, sampling, instrumen, validitas dan reliabilitas, statistik inferensial, dan validitas internal. Metodologi penelitian: penelitian eksperimental, korelasional, kausal-komparatif, survei, analisis-konten, kualitatif termasuk penelitian tindakan kelas (PTK), historis, penulisan proposal dan laporan penelitian, melaksanakan penelitian pendidikan matematika di sekolah.

Pustaka
Fraenkel, Jacle, Wallen. 1996. Wow to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill, Inc
Burnaford, G, et al 1996. Teachers Doing Research, N J : Lawrence Erlbaum Associate. Jensen, R.J 1993 Research Ideas for the Classroom, Early Childhood Mathematics. New York : MacMilan Publishing Company
Owens, D.T 1993 Research Ideas for the Classroom Midle Grades Mathematics. New York: MacMilan Publishing Company
Wilson, P.S 1993. Research Ideas for the Classroom High School Mathematics. New York: MacMilan Publishing Company

MAP 450: Perencanaan dan Pengembangan Program Pembelajaran Matematika (3 sks, 4 js)

Prasyarat : MAP 441 s/d MAP 445

Tujuan
Mampu dan terampil mengidentifikasi, menata, dan mengemas bahan ajar serta menerapkan kemasan bahan ajar ke dalam proses pembelajaran

Materi
Perangkat Pengajaran Matematika di Sekolah (AMP, RP, PROCA, PRONTA), Rencana Pembelajaran mendasarkan teori belajar dan mengajar (PIAGET, BRUNER,DIENES, Van Hiele, Vygotsky, pandangan konstruktivisme), metode-metode( dari segi konten dan psikologi: individual dan social), perencanaan pembelajaran dengan pendekatan­pendekatan kontemporer (RMEm pembelajaran kooperatif, open-ended, quantum learning)

Pustaka
Hudoyo, Herman 1984a. Teori Belajar untuk Pengajaran Matematika.Jakarta: Proyek P2LPTK
Hudoyo, Herman 1984b. Teori Belajar untuk Pengajaran Matematika.Jakarta: Proyek P2LPTK
Hudoyo, Herman 19848. Mengajar Belajar Matematika.Jakarta: Proyek P2LPTK Hudoyo, Herman 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika.Malang: Penerbit IKIP Malang
Hudoyo, Herman 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IMSTEP JICA
Tim Penyusun Bahan Ajar Matematika SLTP dan SMU, 1997.Perangkat Pembelajaran Kelas 1,2,3 SMU.Yogyakarta :PPPG Matematika Kurikulum SLTP dan SMU yang berlaku
Buku Teks Matematika untuk SMU
Buku Teks Matematika untuk SLTP


MAP 451 : Seminar Problematika Pembelajaran Matematika  (2 sks   3js)
Prasyarat  : MAT 441 s/d MAT 450
Tujuan
Mahasiswa mampu membuat makalah yang berkaitan dengan masalah-masalah dalam pembelajaran matematika
Mahasiswa dapat menyajikan makalah yang dibuatnya dengan penuh percaya diri.

Materi
Masalah-masalah dalam pembelajaran matematika dari tingkat SD,SLTP,SLTA  dan PT serta

Pustaka
Bergantung pada masalah yang dipilih mahasiswa


MAP 452 : Kajian Pengembangan Bahan Ajar Matematika   (2 sks  3 js)

Prasyarat: -
Tujuan
Mampu terampil mengidentifikasi, memilih dan menyusun bahan ajar matematika

Materi
Pengertian dan hakekat bahan ajar, macam-macam bahan ajar, proses pengembangan berbagai bahan ajar, cara-cara menggunakan bahan ajar, cara-cara menilai bahan ajar.


Pustaka
Wardani, I.G.A.K. 1982. Pengembangan Paket Belajar. Jakarta: P3TK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Vembriarto,St.1982. Pengajarandengan Modul .Yogyakarta
Degeng,Nyoman,S. 2001. Pedoman Penulisan Bahan Ajar. Malang:LP3UM


MAP 480 : PPL
Prasyarat    : Sesuai deragan ketentuan UPPL
Tujuan
Memberi pengalaman lapangan kepada mahasiswa tentang kegiatan mengajar di kelas, memberi layanan bimbingan kepada siswa dan atau tugas-tugas kependidikan terkait kepada mahasiswa untuk, rnenjadi tenaga yang professional.
Materi
Pustaka

MAP 499 :SKRIPSI
Prasyarat
Tujuan
Memberikan pengalaman belajar untuk menerapkan kaidah-kaidah keilmuan dalam mengkaji berbaga rnasalah yang terkait dengan pengajaran bidang studi dalarn bentuk skripsi

Materi
Substansi pengalaman belajar yang perlu dikaji antara lain adalah masalah-masalah kurikulum Matematika dalam berbagai jenis dan jenjang pendidikan, belajar dan pembelajaran, evaluasi proses dan hasil pembelajaran, masalah sarana prasarana dan media pembelajaran, peningkatan profesio­nalisme guru Matematika.

Pustaka
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. 2000. Edisi ke 4. Malang: Penerbit U.M.
Jurnal, artikel, prosiding seminar pendidikan Matematika sesuai dengan topik yang dipilih


MAU 491 : Bahasa Inggris Matematika  (3 sks  4 js)

Prasyarat : -

Tujuan
Menguasai istilah, konsep, serta prinsip rnatematika dan pendidikan matematika yang disajikan dalam bahasa Inggris dan mampu mengemukakan gagasan rnatematika atau
pendidikan matematika secara tertulis dalam bahasa Inggris.

Materi
Istilah, konsep, dan prinsip matematika dalam bahasa inggris, identifikasi term matematika atau pendidikan matematika dalam bahasa Inggris, rnenterjemahkan kalimat berbahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia, menterjemahkan suatu paragrap, menyusun kalimat berdasarkan masalah yang dihadapi, menyusun suatu paragraf.

Pustaka
Buku Teks berbahasa Inggris pada semua mata kuliah*
Sumber lain yang relevan (Majalah, Jurnal, Bulletin)
Kamus Matematika (Bahasa Inggris maupun Indonesia)
Kamus Besar Bahasa Indonesia




MAU 492 : KKN  (4 sks  4js)

Prasyarat :-
Tujuan
Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan secara pragmatis dan interdisipliner

Materi
Pengintegrasian dan aplikasi dari berbagai ilmu dalam menemukan, merumuskan, memecahkannya, dan menanggulangi permasalahan pembangunan/memberikan pemikiran berdasarkanilmu, teknologi dan seni, menularkan seperangkat pengetahuan, sikap dan ketrampilan warga masyarakat secara pragmatis dalam memecahkan masalah pembangunan.

Pustaka
Buku panduan KKN.


MAU  493 : Matematika Praktis

Prasyarat :-

Materi
Pengelolahan uang, matematika untuk bisnis, matematika di dalam dan di luar rumah, ukuran populasi, pengukuran, mengukur alam sekitar, data komputer dan penyimpanan data.

Pustaka
Kahn, Evelyn: Noel : dan Nicckells.Ron 1989. Mathematics fortheReal Word.Melbourne : Longman Cheshire.
Steen,Lyn A. 1988 .For All Practical  Purpose Introductory to Contemporary mathematics,2nd, Eddition.New York: W.H Freeman Ù Company


MAU 425  : Logika Simbolik   ( 3 sks,   4 js )

Tujuan
Memahami dan menerapkan kaidah-kaidah logika/pemikiran untuk berpikir/berbahasa yang jelas, tegas, tepat, dan tetap/konsisten

Materi
Hukum Logika Dasar, hukum Identitas, hukum kontradiksi, hukum penyisih jalan tengah, sistem proposisi, proposisi majemuk, modus ponen, modus tolen, aljabar proposisi, hubungan nilai kebenaran, (HNK), bujur sangkar HNK, HNK antara psoposisi yang mengandung kata “selalu”, “harus”, dan “pasti”, argumen: nilai sebuah argumen, syarat perlu dan syarat cukup vakiditas sebuah argumen, proposisi kategori: HNK antara psoposisi kstegories, argumen kategories, proposisi berkuantor non kategories: penentu HNK antar proposisi berkuantor non kategories, argumen berkuantor.

Pustaka
Kneebone, GT. 1965. Mathematical Logic and the Fondations of mathematics an Introductory Survey. New Jersey: D. Van Nostrand Company Limited.
Mendelson E, 1987. Introduction to Mathematical Logic.  California: Wardworth Brooks.
Sharvy R, 1962. Logic an Outline.  Littlefield, New Jersey: Adam & Co.


MAU 421 : Geometri Transformasi  (3 sks, 4 js)

Prasyarat : MAU 417, MAU 418

Tujuan
Memahami dan menguasai konsep-konsep matematika serta mampu menyampaikan (menerjemahkan) dalam pembelajaran matematika.

Materi
Pengertian transformasi, isometri (translasi, setengah putaran, pencerminan, putaran, pencerminan geser, komposisi isometri, paritas, klasifikasi isometri, dalil-dalil titik invarian, grup isometri, simetri, rumus isometri), similaritas (isometri, stretch, stretch rotation, stretch reflecion, klasifikasi similiaris, rumus similiaris), afinitas (transformasi afin, regangan, gusuran, rumus afinitas).

Pustaka
Kahfi, M.S. 1994. Geometri Transformasi I. Malang: OPF IKIP Malang.
Kahfi, M.S. 1996. Geometri Transformasi II. Malang: OPF IKIP Malang.
Mulayati, F.M. 1992. Geometri Transformasi. Malang: OPF IKIP Malang.
Eccles, F.M. 1971. An Introduction to Transformasional Geometry. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company.
Gans, D. 1969. Transformation and Geometries. New York: Apllenton-Century-Crofts.
Jegger, M 1970. Transformation Geometry. George Al’en and Unwin Ltd.
Martin, G.E. 1982. Transformation Geometry. An Introduction to Symmetry. New York: Springer Verlag.
Pettofrezzo, A.J. 1966. Matrices and Transformations. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.,Englewood Cliffs.
Susanta, B. 1990. Geometri Transformasi. Yogyakarta: UGM.


MAU 422 : Survey Geometri    (3 sks ,  4 js)

Prasyarat : MAU 417
Tujuan
Memahami sekaligus menguasai konsep-konsep dan ketrampilan matematika serta mampu mengemukakannya (menyampaikan secara lisan dan tertulis).
Materi
Sistem aksiomatik: metode dan sifat-sifat geometri, geometri hingga, dan aksioma geometri insidensi. Kumpulan aksioma geometri: geometri Euclid dan elemen-elemen Euclid, pengenalan geometri Euclid Modern, model Hilbert untuk geometri Euclid, model Birkhof untuk geometri Euclid, geometri non Euclid. Geometri Netral; syarat kongruensi, kedudukan kesejajaran, teorema Sacccheri-Legendre, pencarian persegi panjang, Geometri Euclid Bidang: postulat kesejajaran, kongruensi dan luas, beberapa hasil Euclid tentang lingkaran, beberapa hasil Euclid tentang segitiga., lingkaran sembilan titik, melukis. Geometri analitik dan transformasi: sejarah dan konsep-konsep geometri analitik, pengertian dan konsep-konsep geometri transformasi, transformasi analitik, dan inversi.

Pustaka
Wallace, Erward C, and West, Stephen F. 1992. Roads to Geometry. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.


Greenberg, Marvin J.1993. Euclidean and Non-Euclidean Geometies, Development and History. New York: W.H Freeman and Company.
Prenowitz, Walter, and Jordan, Meyer. 1965. Basic Concept of Geometry. Lexington. Massachusetts: Xerox College Publishing.


MAU 423 : Metode Numerik    ( 3 sks,    4 js)

Prasyarat : MAU 402
Tujuan
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar metode numerik, menerapkan  metode numerik dengan menggunakan komputer dan memahami dalam menganalisis galat metode numerik.

Materi
Mate kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan beberapa konsep dasar metode numerik serta mampu menerapkannya dengan menggunakan komputer dan memuat: Aritmetik Floating (aritmetik titik mengambang), dan galat; menyelesaikan persamaan tak linier; metode bagi dua, metode regula fase.

Pustaka
Atkinson, K.1994. Elementary Numerical Analysis, new York : John Wiley & Sons
Conte, S.D & Carl de Boor. 1983. Elementary Numerical Analysis: An Algorithm Aproach. McGraw-Hill. Inc
Shoichiro, N . 1991. Applied Numerical Methods with Software.  Canada: Prentice-Hall.Inc.


MAU 420 : Persamaan Differensial Biasa   (3 sks, 4 js)

Prasyarat : MAU 403
Tujuan
Memahami dan menguasai konsep tentang: (1) arti, solusi, dan orde persamaan differensial biasa, (2) metode menyelesaikan persamaan differensial biasa.

Materi
Definisi persamaan differensial biasa, definisi solusi dan orde suatu persamaan differensial biasa. Metode menyelesaikan persamaan differensial biasa orde 1 (variabel terpisah, p.d. homogen, p.d. eksak, p.d. linear , p.d. Bernoulli, p.d. Riccati), Persamaan differensial biasa linear orde ke dua, Persamaan differensial biasa (homogen dan tak homogen) linear orde ke n (persamaan karakteristik dan metode variasi parameter), Menyelesaikan persamaan differensial biasa dengan menggunakan Transformasi Laplace, Menyelesaikan persamaan differensial dengan menguanakan deret.

Pustaka
Giordano, F.R. dan Weir, M.D., 1994. Differential Equation – a Modeling Approach. New York: Addison-Wesley Publishing Company.
Nagle, R.K. dan Saff, R.B., 1993. Fudamentals of Differential Equations and Boundary Value Problems. New York: Addison-Wesley Publishing Company.


MAU 424  : Sistem Informasi       ( 3 sks,  4 js)

Prasyarat :
Tujuan
Mengembangkan wawasan kepada mahasiswa tentang sumber daya manusia yang profesional di bidang teknologi informasi. Menambah pengetahuan dan ketrampilan untuk mengikuti tuntutan perkembangan teknologi saat ini dan mendatang. Menambah etika profesi di bidang teknologi informasi sesuai dengan tuntutan dunia usaha saat ini dan mendatang. Memberikan pengetahuan mengenai teknik-teknik pembuatan homepage dengan HTML.

Materi
Pengertian Internet, Bulletin Board System, pemanfaatan/penggunaan jaringan intranet/internet, Browser, e-mail, FTP, memberikan pengetahuan mengenai teknik-teknik pembuatan homepage: element-element teks dalam HTML, memformat dokumen HTML, List daftar, Link Gambar, Style Sheet, Tabel.

Pustaka
Oliver, Dick. 1997, Teach Yourself HTML, 3.2 Indianapolis, Indiana: Sams Net
Tyson, Herb. 1995. Web Publishing with Microsoft Work.  Indianapolis, Indiana: Sams Net
Apple, Christ, dan Mike Barbarian, 1996. Nescape Enterprise Server programmer’s Guide. USA
Koster, Martin, 1996. HTML 3.2 CGI Unleashed Code .USA.


MAU 429 : Statistika Matematika II      ( 3 sks,   4 js)

Prasyarat : MAU 408
Tujuan
Memahami dan menguasai konsep-konsep distribusi limit, teori penaksiran dan uji hipotesis

Materi
Distribusi limit, konvergensi stokastik, fungsi pembangkit momen limit, teorema limit pusat, beberapa teorema distribusi limit, penaksiran titik, ukuran dari kualitas penaksir, selang kepercayaan untuk rataan, selang kepercayaan untuk beda rataan, selang kepercayaan untuk variansi, beberapa contoh dan definisi uji hipotesis, uji terbaik tertentu, uji kuat seragam, uji perbandingan Likelihood, uji chi-kuadrat, distribusi bentuk kuadrat tertentu, uji kesamaan beberapa rataan, Chi-Kuadrat dan F tidak pusat, analisis variansi.

Pustaka
Hogg, Robert V. & Craig, Allen T.. 1978. Introduction Mathematical Statistics, fourth edition, New York: Macmillian Publishing
Engelhadt, Bain 1992. Introduction Probability and Mathematical Statistics, second Edition. Belmont, California: Duxbury Press



MAU 427 : Teori Graph I          ( 3 sks,  4 js)

Prasyarat :
Tujuan
Mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip-prinsip sederhana teori graph, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk keperluan yang lain.

Materi
Pengertian Graph, Pengertian Degraph, Keterhubungan, Pohon, Graph Euler, Graph Hamilton, kesebidangan Graph, dan Pewarnaan Graph.

Pustaka
Wilson R.J dan Watkins J.J 1990. Graph, an Intoductory Approach.  New York: John Wiley and Sons
Buckley, Fred and Harary, Frank. 1990. Distance in Graphs.  New York : addison Wesley.
Chartrand, Gary and Lesniak, Linda.1986. Graph and Digraph. California: Wadsworth & Brooks/Cole.


MAU 426 : Proyek Khusus        ( 3 sks,  4 js)

Prasyarat :


MAP 453 : Kecenderungan  Pembelajaran Matematika Mutakhir    ( 3 sks  4 js)
Prasyarat:
Tujuan
Mahasiswa mengenal kecenderungan pembelajaran matematika mutakhir yang terjadi di beberapa negara maju.

Materi
Dasar pemikiran perlunya pembaharuan dalam pembelajaran matematika, prinsip-prinsip pada matematika Konstruktivis (AS), RME (Belanda), dan Open-ended Approach (Jepang), Penyusunan rencana pembelajaran berbasis pada matematika konstruktivis (AS), RME (Belanda), dan open-Ended Approach (Jepang), Pengimplementasian rencana pembelajaran di kelas.

Pustaka
Lappan,G.dkk 2002. Getting to Know Connected Mathematics, Glenview: Prentice Hall
Van den Heuvel Panhuizen,M 2002. RME: Work in Progress. http:www. fi.uu.nl
Becker, JP dan Shimada,S 1997 .The Open Ended Approach  a New proposal for Teaching Mathematics. Reston : NCTM.

MAU 454 : Strategi Pemecahan Masalah Matematika        ( 3 sks  4 js)
Prasyarat
Tujuan
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan rnemahami:
I. Definisi masalah dan pemecahan masalah
2. Langkah-langkah pemecahan masalah (langkah Polya)
3. Macam-macam strategi pernecahan masalah
4. Kedudukan strategi pemecahan rnasalah dalam langkah Polya
5. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah

Materi
Didalam perkuliahan ini dibahas antara lain definisi masalah dan pemecahan masalah langkah-langkah pemecahan masalah ala Polya, strategi-strategi Heuristik untuk pemecahan masalah, kedudukan, strategi pemecahan masalah dalam langkah Polya, Aspek dalam pembelajaran pernecahan masalah. Setelah para mahasiswa dikenalkan dengan konsep-konsep yang terkait dengan strategi pemecahan masalah, mahasiswa dilatih untuk mencari masalah yang dapat diselesaikan dengan salah satu strategi pemecahan masalah, mengidentifikasi jenis strategi pemecaha.n masalah yang bisa ditgunakan untuk menyelesaikan masalah, dan merancang pembela.jaran matematika unit tertentu yang juea dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan pernecahan masalah siswa

Pustaka
Ohio Departement of Education. Tanpa tahun Problem .Solving, .a Basic Mathematics Goal.
Lesh, R. dan Zawojewski, J.S. 1992. Problem Solving. Dalam, Thomas R. Post (ed). Teaching  Mathematics in Grades K-8: Research-Based Methods. Needham Height,MA.: Allyn and Bacon
Gravosto, EA dkk. 1999. Contemporary Issues in Mathematics Education. Cambridge: University Press

MAP 455 : Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer  (3 sks  4js)
Prasyarat : MAU 404
Tujuan
Mampu dan terampil rnerancang skenario perangkat ajar matematika berbantuan komputer. Mampu membuat program sederhana dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (misalnya Pascal,C). Mampu  memanfaatkan program-program "siap pakai" untuk rnenyusun "alat bantu" mengajar matematika dengan memanfaatkan komputer, misalnya MAPLE, Derive. dam Matlab.

Materi
Pengenalan berbagai media dalam komputer (suara, gambar diam, bergerak, animasi: Konsep dasar menyusun perangkat ajar berbantuan komputer, Perancangan struktur materi pembelajaran yang menggunakan komputer, Perancangan perangkat lunak pembelajaran matematika

Pustaka
Kadir, Abdu1.1987. Pemrograman Turbo Pascal untuk IBM* PC, Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Nievergelt, Jay. 1986. Interactive Computer Program for Education Philosophyand Techniques and Examples. Addison-Wesley Publishing Company.
Lathrop, Ann. 1983,Courseware in The Classroom. ' Selecting, Organizing and using Educational Software.
Sutedjo, 1997. Algoritma dan Teknik Pemrograman. Yogyakarta: Andi offset. Steinmetz, Ralf. & Nahrsted, Klara. 1997. Multimedia.


MAU 456: Media Pembelajaran Matematika  (3 sks  4 js)
Prasyarat­
Tujuan
Mampu menggunakan, merencanakan, dan membuat media pembelajaran matematika yang berupa alat peraga fisik (benda-benda konkrit) maupun yang berbantuan komputer.

Materi
Jenis-jenis dan manfaat media, karakteristik media, merencanakan, membuat, dan menggunakan media, manajemen media

Pustaka
Craig N. L,ocatis dan Francis D Atkinson. 1984. Media and 7'cchnoloqY for Education and Training. Ohio: Bell & Howell Company.
Jenold E Kemp dan Deane K. Dayton. 1985. Planning anuf 1ntroducing Instructional Media. New York: Harper & Row Publishers Inc.


MAU 457 : Sejarah Matematika  (3 sks  4js)
Prasyarat : -
Tujuan
Mahasiswa memahami sejarah mateMatika dan perkembangannya

Materi
Matematika sebelum abad ke-17: sistem numerik, matematika Babilonia dan Mesir, rnatematika Pytagoras, Euclide dan elemen-elemen Euclid, matematika Yunani sesudah Euclid, matematika Cina, Hindu dan Arab, matematika Eropa 500-1600 M, matematika abad ke-1'' dan sesudahnya: matematika modern, geometri analisis dan pra kalkulus, kalkulus, matematika abad ke-1 8 dan kalkulus, matematika awal abad ke 19, geometri dan aljabar, matematika akhir abad ke-19 dan analisis, matematika abad ke-20.

Pustaka
Eves, llowardI    1964. An Introduction to the History of Mathematics. New York: Holt, Rinchart and Winston.

MAP 458 : Kemampuan Dasar Mengajar Matematika  (3 sks  4 js)
Prasyarat: -
­
Tujuan
Mahasiswa menguasai ketrampilan-ketrampilan dasar mengajar yang diperlukan oleh guru maternatika dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Materi
Ketrampilan bertanya dasar dan lanjut, ketrampilan memberi penguatan, ketrampilan mengadakan variasi, ketrampilan menjelaskan, ketrampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan memimpin diskusi krlompok kecil, ketrampilan mengelola kelas, ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

Pustaka
Bolla, J.L dan Pah, P.N. 1984. Ketrarmpilan Bertanya Dasar dan Lanjut. Jakarta: P2LPTK.
PaH, P.N. 1984. Keterampilan meMberi penguatan. Jakarta: P2LPTK
Kosasih, R. 1984. Keterampilan mengadakan variasi. Jakarta: P2LPTK
Kosasih, R. 1984. Keterampilan menjelaskan Jakarta: P2LPTK:
Abimanyu, S. 1984. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Jakarta: P2LPTK
Wardani, I.G.A.K. 1984. Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil. Jakarta: P2LPTK
Bolla, J.L dan Pah, P.N. 1984. Keterampilan mengelola kelas. Jakarta: P2LPTK
Wardani, 1.G.A.K. 1984. Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil dan perorangan. Jakarta: P2LPTK
Van Unen, J. dan Joni, T.R. 1984. Dinamika kelompok. Jakarta.: P2LPTK
Joni T.R dan Van Unen, J, 1984. Kerja kelompok. Jakarta: P2LPTK

MAU 481 : Basis data   ( 3sks  4 js)
Prasyarat     : MAU404
Tujuan
Memahami dan menguasai perancangan basis data berdasar model  F-R dan relasional, serta penggunaannya sebagai sumber informasi.

Materi
Kuliah ini membahas konsep dasar dari manajemen basis data yang menyangkut aspek pemodelan dan perancangan, bahasa dan fasilitas, implementasi dan penggunaan suatu basis data. Topik-topik yang akan dibahas: Konsep basis data; Arsitekttrr dan konsep sistem manajemen basis, data (SMBD); Permodelan data: model Entity-Relationship dan model Relational, Query: Aljabar Relasional, Kalkulus Relasional, SQL, QUEL dan QBE; Ketergantungan Fungsional dan normalisasi basis data relasional

Pustaka
Elmasri, Ramez. dan S. Navathe. 2.000. Fundamentals of Database System, 3rd Edition. Massachusetts: Addison Wesley.
Korth, Henry F. dan A. Silberschatz. 2.002. Database System Concepts, 4th Edition, Boston: McGraw­-Hill.


MAU 482 : Analisis Data  ( 3 sks  4 js)

Prasyarat :MAU 407
Tujuan
Mampu menganalisa data suatu permasalahan dan menginterpretasikan hasilnya dengan menggunakan rnetode atau teknik statistika dengan bantuan paket statistika (SPSS, Minitab dan SAS).


Materi
Analisis Varian, Regresi Binary logistik, Regresi Nominal Logisiik, Analisis Faktor, Analisis Korespondensi

Pustaka
Hosmer dan Lemeshow. 1989. Applied Logistic Regression. New York: John Wiley & Sons
Steel and Torry. Prinsip dan ProsedurStatistika:.Suatu Pendekatan Biometrik
Dillon and Goldstein. Multivariate Analysis:Methods and Aplications. handbook Minitab Release 12

MAU 483 : Pemrograman Aplikasi
Prasyarat  : MAT 405
Tujuan
Memperkenalkan teknik. dalam pembuatan prograrn secara visual pada sistem operasi windows

Materi
Pengenalan pemrograman for Windows, kontrol pada program, form, menggunakan menu, Array dan Struktur, Input Keyboard, Input mouse, Operasi file, menggunakan Control Grid, membuat multiple interface, mengakses database, menggunakan data control dan menggunakan Control Grafik.

Pustaka
Syartuni Ananta. 1995. Tuntunan Praktis Pemrograman: Pemrograman Windows dengan Visual Basic.3. 0; Jakarta: Elex  Media Komputindo.
Tosin, Rijanlo dan Pawit Purwito. 1996. Cara Mudah Belqjar Visual Basic, jakarta Dinastindo.
Schneider, 1995.          Visual Basic: An Introduction, Prentice Hall

MAU 484 : Riset Operasi  ( 3 sks  4 js)
Prasyarat        : MAT  415
Tujuan
Memberi pengetahuan dan kemampuan menganalisa permasalahan dalam ruang lingkup riset operasional dan mampu menyelesaikan dengan suatu model optimasi.

Materi
Konsep dasar Riset Operaional. Pemrograman linier dan aplikasinya, Dualitas, lnteger Programming. Dual Simpleks, Sensitivity Analysis, Masalah Transportasi dan Penugasan, Pemrograman Dinamik, Analisa Jaringan, Penjadwalan Proyek (Pert-CPM, Model Inventory, Teori Antrian)

Pustaka
Hiller Frederick dan Gerald Liberman. 1995. Introduction Research. 6th Edition. Stanford University.
Dimyati, Tutju Tarliah dan Akhmad Dirnyati. 1995. Operation Research Model-model Pengambilan Keputusan. Bandung: Sinar Baru.
Bronson, Richard. 1988. Te,ori dan Soal-soal (Operation Research. Seri Buku Schaum’s; (Terjemahan. oleh Drs. Hans.l. Wospakrik). Jakarta: Erlangga


MAU 485 : Fisika Dasar (3 sks  4js)

Prasyarat: -
Tujuan
Agar mahasiswa memahami prinsip-prinsip dasar mekanik, panas dan gelombang yang dapat membantu memahami ilmu kimia serta meningkatkan permahaman mahasiswa terhadap keterkaitan antara ilmu fisika dan kimia.

Materi
Materi matakuliah ini meliputi: Mekanika (kerja, energi kinetik dan energi potensial,momentum dan  tumbukan, gerak melingkar, elastisitas, dan gerak periodik), panas dan sifat termal materi (temperatur dan papas, sifat termal materi), gelombang (mekanika gelombang, interferensi gelombang),

Pustaka
Hugh, D. Young dan Roger A. Freedman. University Physics. Addison-Wesley Halliday, D, dan Resnick, R. 1994. Fisika Jilicl I. Jakarta: Erlangga.
Sutrisno dan Tan Ik Gie. 1985. Seri Fisika Dasar, Mekanika. Bandung: ITB.
Supramono, Eddy. 1999. Seri Buku Ajar Fisika Dasar I. Malang: IMSTEP-JICA


MAT  486 : Biologi  Dasar  ( 3 sks  4 js)

Prasyarat

Tujuan
Agar mahasiswa memahami prinsip dasar kehidupan dan perkembangan hidup dalam berbagai macam tingkat kehidupan dan hubungannya dengan formulasi matematika.

Materi
Asai mula kehidupan dan konsep hidup, sel sebagai dasar kehidupan, pembelahan sel, jaringan dasar. fisiologi tumbuhan dan hewan, nutrisi reproduksi pada tumbukan dan hewan, hereditas keanekaragaman tumbuhan, hewan, manusia, dan biosfer.

Pustaka
Sutarmi, Siti. 1989. Biologi (terjemahan) Ji1id I, II, III.

MAU 487 : Kimia Dasar  ( 3 sks  4 js)

Prasyarat :-

Tujuan
Agar mahasiswa memahami dasar-dasar partikulat rnateri dan prinsip dasar perhitungan kimia sebagai dasar untuk mengembangkan pengetahuan kimia selanjutnya.

Materi
Prinsip dasar partikulat materi: struktur atom sistem periodik, ikatan kimia dan geometri  molekul, wujud zat, Perhitungan kimia: stokiometri  energitika.

Pustaka
Supardjito, et al. 1996. Kimia Dasar I. Malang: FPMIPA IKIP Malang.
James E. Brady. 2000. General Chemistry, 5'h ed. Singapore: John Wiley & Sons.
Keenan, Kleinfelter, Wood. Alih Bahasa oleh Hadyana Pudjaatmaka, 1996. Kimia untuk Universitas.Jakarta: Penerbit Erlangga
John H.C. Murry & Robert C. Fay. 2001. Chemistry, 3`h Ed.. Prentice flail International Inc.


MAU 488: Kartografi
Prasyarat : -
Tujuan
Agar mahasiswa memahami prinsip dasar pemetaan, penyaiian dan analisis hasil pemetaan, serta mengaplikasikan kepada data yang dimiliki.

Materi
Prinsip dasar pemetaan, sistern koordinat peta, klasifikasi peta, skala peta, proyeksi peta, simbol, lattering, warna, dan lay out, pembacaan dan analisis peta, digitasi peta. representasi data, dan obyek formal dan material geografi.